Tingkatkan Kompetensi Guru Pamong, Prodi PPG Universitas PGRI Madiun Menyelenggarakan Workshop Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Learning
Madiun - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era Revolusi Industri 4.0 menuntut guru memiliki kemampuan pedagogik yang inovatif, adaptif, dan berorientasi pada pengembangan kompetensi peserta didik secara mendalam. Pembelajaran tidak lagi cukup berfokus pada penyampaian materi, tetapi perlu mengutamakan proses berpikir tingkat tinggi, pemecahan masalah kompleks, kreativitas, kolaborasi, dan kemampuan reflektif yang menjadi inti keterampilan abad 21. Untuk mewujudkan hal tersebut, pendekatan deep learning menjadi salah satu strategi pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik untuk memahami konsep secara holistik, membangun koneksi antarmateri, serta mengembangkan kemampuan inquiry dan critical thinking secara berkelanjutan.
Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas PGRI Madiun berkomitmen mendukung peningkatan kualitas calon guru dan guru di sekolah melalui penyelenggaraan kegiatan peningkatan kompetensi yang relevan dengan perkembangan pendidikan kontemporer. Workshop Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Deep Learning yang diselenggarakan di Hotel Mercure Madiun ini dirancang sebagai wadah pembinaan profesional bagi para pendidik untuk memperkuat kapasitas dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran yang bermakna dan berorientasi pada capaian kompetensi berkelanjutan. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 November 2025 dan diikuti oleh guru pamong yang dimiliki oleh program studi PPG Universitas PGRI Madiun. Materi workshop disampaikan oleh 2 narasumber yang expert di bidang pendidikan yaitu Dr. Sardulo Gembong, M.Pd. dan Dr. Wachidatul Linda Yuhana, M.Si.
Workshop ini menjadi langkah strategis dalam membangun budaya pembelajaran guru yang kolaboratif, reflektif, dan berbasis praktik baik(best practices). Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip deep learning ke dalam praktik pembelajaran di kelas, menghasilkan desain pembelajaran yang kontekstual, serta mengembangkan pendekatan yang mampu memfasilitasi perkembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat berkontribusi secara nyata dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas proses pembelajaran yang selaras dengan tuntutan pendidikan abad 21.
