675 Lulusan UKMPPG Periode IV & VI Tahun 2023 Universitas PGRI Madiun Mengikuti Acara Pelepasan dan Sumpah Profesi Guru 

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas PGRI Madiun menggelar Pelepasan dan Sumpah Profesi Guru UKMPPG Periode IV & VI Tahun 2023. Sejumlah 675 Mahasiswa mengikuti acara tersebut yang terdiri dari 184 mahasiswa Periode IV dan 491 mahasiswa Periode VI Tahun 2023, Sabtu 3 Februari 2024. Karena mahasiswa berasal dari berbagai daerah di Indonesia, maka acara ini dilaksanakan secara daring dan luring di Graha Cendekia Universitas PGRI Madiun.

Koordinator Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas PGRI Madiun Dr. Ibadullah Malawi, M.Pd., menyampaikan bahwa PPG Daljab Periode VI Universitas PGRI Madiun meluluskan 99,6% dari 493 mahasiswa. Sumpah profesi guru ini dilakukan sebagai bentuk pemahaman, penerimaan, penghormatan, dan kesediaan seorang guru untuk mematuhi nilai-nilai moral yang termuat di dalam Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman bersikap dan berperilaku, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat nantinya. Pengadaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai upaya mempersiapkan keahlian khusus (kompetensi) yang harus dimiliki seorang guru sehingga menghasilkan profesionalisme di bidang keguruan dan pengajaran.

Rektor Universitas PGRI Madiun, Dr. H. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd menyampaikan, “Sebagai Guru Profesional setelah ini harus bisa mengabdikan dirinya dengan keprofesionalannya”. Selain itu beliau juga menekankan bahwa ini dalah awal menjadi seorang guru profesional yang harus dapat menguasai kemampuan lebih, kreatif dan inovatif serta cakap dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.

Ketua PPLP PT PGRI Madiun, yang diwakilkan oleh sekertaris PPLP PT PGRI Madiun Dr. Nurhadji Nugraha, M.M. yang ikut hadir dalam acara tersebut sangat berharap bahwa ilmu yang telah diperoleh di UNIPMA dapat diimplementasikan dengan Ikhlas dan dengan jiwa pengabdian seorang guru. Beliau juga berharap bahwa para alumni nantinya agar dapat menjaga nama baik almamater dan menjadi guru profesional yang mengedepankan panggilan hati, kesabaran, dan keikhlasan dalam mencerdaskan peserta didik.